Scroll To Top
News Trending
Diberdayakan oleh Blogger.

CARA SERVIS MOTOR SENDIRI



CARA SERVIS MOTOR SENDIRI

Selain bisa dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting terhindar dari mekanik nakal atau tengil.
Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis resmi dan oli gratis, mending servis ke dealer aja.

Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan:

1. O.L.I mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas antara part-part mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.
- Cek KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang keluar dari knalpot)
- Cek KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang sih oli-oli full sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tapi itu bulsit, kalau udah lebih dari 3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade ente pusing-pusing nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu apa, dan kamu harus coba-coba oli kaya saya, tapi hasilnya enol). Mending pake yang menguntungkan bangsa dan kita.

2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat penting yang sering disepelekan. Aki menjadi alat utama pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah, mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak terang, klakson pun suara nya mengecil.
Tips penting merawat aki:
- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air H2O
- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum
- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda dan JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan sekali gapapa lah.
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk-batuk, tersendat-tersendat jangan bingung coba dicek kondisi busi.
- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm.
- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam basah.
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah.
Kalo busi udah keliatan jelek atau meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk-batuk, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN jika kotor, jika tidak mau repot membuka-membuka, semprotkan saja CARBURATOR CLEANER  ke venturi atau nama lainnya lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
- Jika rantai kendor, kencangkanlah.
- Jika rantai kekencang kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.

Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan-jalan ga perlu lama, 1 menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah kaprah. Yaitu:
- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai BBM yang cukup. Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke jika sudah tidak brebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati sendiri (kelangsaman kembali normal).
- Jangan geber-geber motor saat memanaskan (merusak piston), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan 1 menit.
- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi (buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum tentu baik untuk mesin motor Anda.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.

Share This:

Labels:

No Comment to " CARA SERVIS MOTOR SENDIRI "

Lifestyle

Sports