PENELITIAN GOAL-LINE TEKNOLOGI
Ju Judul
Penelitian : PENELITIAN GOAL-LINE TEKNOLOGI
Jenis
Penelitian : Kelompok
Nama
Peneliti : Imam Setya Utama (14113317)
Erwin Rio
Fadillah (12113976 )
Reza Destriansyah
(17113494)
Sigit Hadi
Purnomo (18113474 )
DAFTAR ISI
Hal
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………….
DAFTAR ISI…………………………………………..…………………..
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
…………………………………………………
1.2 Tujuan
Penelitian……………………………………………….
1.3 Batasan
Masalah………………………………..........................
1.4 Manfaat
Penelitian……………………………………………...
BAB II. LANDASAN TEORI
2.1 Goal-Line Teknologi………………………………………………..
2.1 Perkembangan ………………………………………………..
BAB III. METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Tempat dan Waktu
Penelitian…………………………............
3.2 Bahan dan
alat…………………………………………………
3.3 Metode Penelitian……………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
AGENDA KEGIATAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Piala Dunia 2014 menjadi
gelaran pesta sepakbola akbar sejagat yang disisipi teknologi.Teknologi yang
dimaksud adalah teknologi garis gawang atau Goal-line Technology.
Hadirnya teknologi garis gawang dalam pertandingan sepakbola tak lain
diakibatkan karena seringnya wasit menganulir gol yang terjadi secara
'kontroversial', apalagi untuk event sepakbola sebesar Piala Dunia FIFA.
Goal Line Technology adalah
teknologi yang digunakan dalam pertandingan sepak bola untuk menentukan apakah
bola telah melewati garis gawang atau belum. Untuk lebih lengkapnya lihatdisini. Pada dasarnya rencana penggunaan
teknologi garis gawang ini berangkat dari berbagai insiden gol yang dianulir
oleh wasit, yang sejatinya gol tersebut seharusnya sah. Contohnya seperti
Inggris yang merasa dirugikan pada Piala Dunia 2010 lalu, ada juga beberapa
negara juga yang merasakan hal serupa di Euro 2012 kemarin, salah satunya
adalah Ukraina. Tuan rumah Euro 2012 itu seharusnya mendapatkan gol ketika
dikalahkan Inggris 1-0 pada pertandingan terakhir Grup D.
Namun, kehadiran teknologi yang mempengaruhi jalannya pertandingan sepakbola mendapat tentangan dari berbagai pihak, termasuk Presiden FIFA, Sepp Blatter. Ia beralasan bahwa faktor kesalahan manusia -dalam hal ini wasit- merupakan salah satu keunikan sepakbola itu sendiri. Meskipun demikian, penggunaan teknologi garis gawang di Piala Dunia 2014 tetap dilaksanakan.
1.2 Tujuan Penelitian
1.2.1 Tujuan Umum
Teknologi garis gawang atau goal line technology adalah salah satu cara
atau alat untuk menentukan apakah bola melewati garis gawang (goal) atau bola
tidak melewati garis gawang. Tetapi alat ini bukan untuk mengganti peran dari
wasit dalam memipin pertandingan, namun lebih membantu kinerja wasit dalam
mengambil keputusan akhir yang diambil wasit atau hakim garis yang tidak
merugikan bagi kedua tim sepakbola yang sedang bertanding. Pada awal
kehadirannya FIFA (Ferderation Internationale de Football Association) menolak
adanya teknologi ini namun akibat keputusan kontrovesional yang diambil wasit
membuat FIFA melakukan pengujian kepada beberapa kandidat potensial teknologi
garis gawang. Dan ada sembilan buah sistem yang diuji namun hanya ada dua buah
sistem yang bertahan, kedua sistem yang disetujui yakni GoalRef dan HawkEye..
1.3 Batasan Masalah
Agar pembahasan ini tidak terlalu
luas, namun dapat mencapai hasil yang optimal, maka penulis akan membatasi
ruang lingkup pembahasan sebagai berikut :
1.
Memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat luas, khususnya di
Indonesia, tentang teknologi modern yang digunakan dalam sebuah pertandingan
sepakbola.
1.4 Manfaat
Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian
tersebut diharapkan dengan penelitian ini dapat diperoleh manfaat sebagai
berikut :
1.4.1
Bagi Penulis
1.
Untuk memenuhi
salah satu
syarat dalam memperoleh gelar
strata satu Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Sistem Informasi Universitas
Gunadarma .
1.4.2
Bagi Akademik
1.
Mengetahui sistem yang digunakan pada teknologi Goal-Line Teknologi.
1.4.3
Bagi Masyarakat
1.
Mengetahui seberapa besarnya respone masyarakat terhadap teknologi dalam
sepakbola .
2.
Memberi Pengetahuan bagi masyrakat terhadap teknlogi modern yang digunakan
dalam sepakbola masa kini.
3.
Menghindarkan masalah protes dalam sebuah pertandingan sepakbola dalam hal
mencetak gol.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 . Goal-Line
Teknologi
Dalam sepak bola, teknologi
garis gawang (Inggris: goal-line
technology disingkat GLT) merupakan salah satu cara yang
digunakan untuk menentukan bilamana bola telah sepenuhnya melewati garis gawang
dengan bantuan berbagai perangkat elektronik dan pada saat yang sama
membantu wasit dalam menyatakan
sebuah gol telah terjadi atau tidak. GLT tidak ditujukan untuk menggantikan
peran wasit dan para hakim garis, namun lebih membantu mereka dalam membuat
keputusan di lapangan pertandingan. GLT harus memberikan sebuah indikasi yang
jelas mengenai apakah bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dan informasi
ini nantinya berperan untuk membantu wasit dalam membuat keputusan akhir
2.2. Perkembangan Teknologi
Sepakbola
Di dunia yang semakin berkembang ini
telah banyak bermunculan teknologi baru yang membuat pekerjaan manusia semakin
mudah. Banyak teknologi yang ditemukan berkaitan dengan berbagai bidang tidak
terkecuali bidang olahraga. Sepakbola yang meruapakan cabang olahraga populer
di dunia ini tentunya merupakan hal yang diperhatikan sehingga mulai
bermunculan teknologi di bidang ini. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa
penemuan teknologi di dunia sepakabola.
1. BOLA CTRUS DENGAN KAMERA
2.
PLESTER KINESO
3.
JAM REFEREE THIRD EYE
4.
ARMOUR BITE MOUTHPIECE
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Tempat dan
waktu penelitian
Ø Tempat: Lapangan Sepakbola
Ragunan Jakarta Selatan.
Ø Waktu : Senin 28 Desember
2015
3.2 Teknik Menganilisis Data
Metode Komparatif
Yaitu membandingkan dua atau lebih
pendapat yang ada dengan melihat argumentasinya. Misalnya membandingkan
pemikiran seorang ahli dengan ahli lainnya dalam suatu bidang yang diteliti.
Metode Komparasi juga dapat berarti membandingkan kesamaan dan perbedaan
terhadap kasus, peristiwa, ataupun terhadap ide-ide yang berkaitan dengan suatu
konsep yang dijadikan penelitian.
3.3 Bahan dan
alat
Bahan
yang akan digunakan pada penelitian ini adalah menggunak alat yang mendukung
teknologi. Peralatan yang digunakan pada penelitian ini terbagi menjadi dua,
yaitu :
1. Perangkat Keras
Perangkat
keras yang digunakan adalah sebagai berikut :.
Ø 1 buah bola
Ø Lapangan Sepak Bola
Ø Receiver atau Jam tangan
2. Perangkat Lunak
Dalam
penelitian ini digunakan beberapa perangkat lunak :
Ø Alat pendeteksi Decision Review System (DRS)..
Ø Beep
ear-piece.
3.3 Prosedur Penelitian
Penelitian
ini dibagi dalam beberapa tahap, yaitu: (1) .Siapkan 1 buah bola (2).Gawang.
(3).Receiver Wasit.
Tahap 1 : Siapkan 1 buah bola.
Bola yang menunjang
teknologi Goal Line Technology dibuat khusus. Di bola tersebut dipasang semacam
sensor yang akan mengirim pesan ke receiver yang ada di tangan wasit saat terjadi gol. Meski demikian,
kualitas dan berat bola tersebut sama sekali tidak berubah dari standar FIFA.
Sejumlah pemain yang tampil di Piala Konfederasi dan Club World Cup mengakui
tidak merasa ada perbedaan signifikan bola khusus Goal Line Technology dengan
bola biasa
Tahap 2 : Gawang.
Setiap gawang di
lapangan dipantau melalui tujuh kamera berkecepatan tinggi yang dipasang di
sejumlah titik di atas tribun stadion. Total, ada 14 kamera yang khusus
memantau dua gawang di lapangan. Kamera-kamera ini mampu merekam gambar
bergerak di area gawang hingga 500 frameper
detik. Bandingkan dengan mata manusia yang hanya bisa merekam 16 frame per detik.
Tahap 3 : Receiver Wasit.
Saat bola telah
melewati seluruh garis gawang, sensor di dalam bola akan aktif dan segera
mengirim sinyal ke receiver yang ada di tangan wasit. Akan
terlihat tulisan “GOAL” di receivertersebut.
Namun, jika bola belum sepenuhnya melewati garis gawang, wasit tidak akan
menerima pesan di receiver yang
ada di tangannya..
DAFTAR
PUSTAKA
AGENDA
KEGIATAN
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Waktu
Pelaksanaan Kegiatan
|
||||||||||
2015
|
2015
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
5
|
6
|
7
|
8
|
10
|
1
|
||
1
|
Pembuatan Rancangan Outline
|
|||||||||||
2
|
Pembuatan dan Pengajuan Proposal
|
|||||||||||
3
|
Memahami dan mempelajari situasi
sepakbola saat ini
|
|||||||||||
4
|
Memahami dan Mempelajari kondisi
masyarakat
|
|||||||||||
5
|
Pengumpulan Data
|
|||||||||||
a. Studi Lapangan terhadap
perkembangan sepakbola
|
||||||||||||
b. Studi Literatur perkembangan
teknologi Goal-Line Teknologi
|
||||||||||||
c. Pengambilan data masyarakat
|
||||||||||||
d. Pengambilan sample data terhadap
proses penggunaan Goal-Line Teknologi
|
||||||||||||
6
|
Analisis penggunaan Goal-Line
Teknologi
|
|||||||||||
7
|
Penetuan terjadinya goal
menggunakan Goal-Line Teknologi
|
|||||||||||
8
|
Evaluasi hasil penelitian
|
|||||||||||
9
|
Pembuatan Laporan
|
|||||||||||
10
|
Publikasi hasil penelitian
|
No
|
Item
|
Satuan
|
Volume
|
Biaya/Satuan
(Rp)
|
Jumlah
Biaya (Rp)
|
||
I
|
PERALATAN
|
953000
|
|||||
A. BAHAN DAN PERALATAN
PENUNJANG
B.
|
430000
|
||||||
1. 1
buah bola
|
Bh
|
2
|
15000
|
30000
|
|||
2.
Sistem perangkat lunak
|
Bh
|
1
|
400000
|
400000
|
|||
C. PERALATAN UTAMA
|
910000
|
||||||
1.
Lapangan Sepak bola
|
Jam
|
5
|
4000
|
20000
|
|||
2.
Sewa Lapangan
|
Jam
|
1
|
800000
|
800000
|
|||
3.
Receiver
|
Bh
|
1
|
40000
|
40000
|
|||
4.
Alat alat pendeteksi
|
Bh
|
1
|
50000
|
50000
|
|||
II
|
TRANSPORTASI & AKOMODASI
|
450000
|
|||||
1.
Ongkos Transportasi Mobil
|
Hr
|
30
|
15000
|
450000
|
|||
III
|
JASA SETTING PERALATAN
|
50000
|
|||||
1.
Jasa Setting Peralatan
|
Hr
|
1
|
50000
|
50000
|
|||
IV
|
JASA EVALUSASI DAN VALIDASI
|
200000
|
|||||
1.
Uji Ketepatan
|
Hr
|
1
|
200000
|
200000
|
|||
JUMLAH KESELURUHAN BIAYA
PENELITIAN : RP. 1.653.000
(SATU JUTA ENAM RATUS LIMA PULUH TIGA RIBU
RUPIAH)
|
Lampiran
Dana
No Comment to " PENELITIAN GOAL-LINE TEKNOLOGI "