CARA SERVIS MOTOR SENDIRI
Selain bisa
dilakukan kapan saja, minim biaya, nambah ilmu dan yang paling penting
terhindar dari mekanik nakal atau tengil.
Tapi mungkin ini tidak berlaku bagi motor baru, baru yang saya maksud adalah
baru dari dealer tangan pertama, bukan baru beli motor second, baru minjem dari
temen atau baru saja berhasil mencuri. Motor baru yang masih garansi servis
resmi dan oli gratis, mending servis ke dealer aja.
Berikut ini point penting yang perlu diperhatikan untuk servis ringan:
1. O.L.I mesin
Yak, emang berfungsi sebagai pelicin
Namun apakah Anda tau bahwa oli bukan hanya sebagai media pelicin atau pelumas
antara part-part mesin yang bergesekan? Yah, ternyata oli juga berfungsi
sebagai peredam panas dan pengikat kotoran yang timbul ketika parts mesin
bergesekan.
Karena penting sangat, harus diperhatikan betul betul betul kondisi oli.
- Cek
KUANTITAS oli dengan cara cek ketinggian oli di stik indikator oli, jika
kurang, wajib hukumnya untuk ditambah. Oli bisa berkurang karena menguap maupun
merembes ke ruang bakar (kalo piston sudah aus, bisa dilihat asap putih yang
keluar dari knalpot)
- Cek
KUALITAS oli dengan melihat apakah oli sudah keruh, sudah sangat encer, kalo
udah jelek, wajib hukumnya untuk diganti. Rekomendasi penggantian oli standar
adalah 2000-3000Km, ambil tengahnya jadi 2500Km aja. Emang sih oli-oli full
sintetik katanya bisa sampek 50.000Km. Tapi itu bulsit, kalau udah lebih dari
3000 ya performa turun (gigi sulit pindah, suara berisik, tarikan jelek).
Jadi lebih baik pake oli yang biasa saja, tapi sering diganti (daripade
ente pusing-pusing nabung buat beli oli yang mahal, harus nyari oli yang bagus itu
apa, dan kamu harus coba-coba oli kaya saya, tapi hasilnya enol). Mending pake
yang menguntungkan bangsa dan kita.
2. A.K.I
Yak, aki merupakan komponen sangat penting yang sering disepelekan. Aki menjadi
alat utama pada mesin yang menganut sistem pengapian DC. Jika aki bermasalah,
mesin juga bermasalah. Begitu juga sistem kelistrikan, lampu akan menjadi tidak
terang, klakson pun suara nya mengecil.
Tips penting merawat aki:
- Cek ketinggian air. Jika kurang, tambahkan air H2O
- Cek tegangan, apakah di atas 12Volt. Jika jauh di bawah 12V, harus disetrum
- Pada pagi hari, gunakan kick starter supaya aki terisi listrik.
JANGAN paksakan memencet electric starter lebih dari 3 detik tanpa jeda dan
JANGAN pencet lebih dari 3 kali jika memang mesin tak mau nyala.
Cek aki secara rutin, ideal sebulan sekali, tapi kalo males ya 3 bulan
sekali gapapa lah.
3. BUSI
Busi merupakan piranti penting juga di dalam kinerja mesin. Busi adalah
pemercik bunga api pembakar BBM di ruang bakar. Jika mesin batuk-batuk,
tersendat-tersendat jangan bingung coba dicek kondisi busi.
- Bersihkan busi dari kotoran dan kerak yang menempel menggunakan bensin.
- Cek dan setel jarak elektroda busi ideal 0,7mm.
- Cek warna busi, apakah merah bata, putih berkerak, hitam berjelaga atau hitam
basah.
Idealnya, warna busi adalah merah bata, ini menunjukkan pembakaran yang baik
dengan arti suplai bahan bakar dan udara ideal.
- Cek percikan api, apakah masih besar atau tidak. Caranya, pasangkan busi pada
chop busi, kemudian dekatkan ke blok mesin, lalu engkollah kick starter atau
pencet aja electric starter, jika masih memercik ya masih agak bagus lah.
Kalo busi udah keliatan jelek atau
meskipun udah dibersihin tapi mesin masih batuk-batuk, ganti aja.
4. Karburator (konvensional) atau Throttle Body (injeksi/EFI)
Yak inilah bagian yang mempengaruhi performa motor, kalau piranti pencampur dan
pengabut udara dan bakar ini kotor, maka mesin tidak mau teriak maksimal. So, BERSIHKAN
jika kotor, jika tidak mau repot membuka-membuka, semprotkan saja CARBURATOR
CLEANER ke venturi atau nama lainnya
lubang masuk karburator/throttle body dan ke lubang busi. Jangan lupa juga bersihkan
filter udaranya dan gantilah jika sudah terlihat usang dan tidak
bisa dibersihkan.
5. Cek rantai dan gear set (final gear n sprocket).
Cek dan atur kekencangan rantai. Berikut hukum pengaturan rantai:
- Jika rantai kendor, kencangkanlah.
- Jika rantai kekencang kendurkanlah.
- Jika rantai kering, lumasilah. Pake chainlube lah jangan oli bekas lah.
Setelan rantai yang pas akan membuat rantai dan gear awet serta membuat
perpindahan gigi empuk dan tarikan pas mantap.
Berikut cara menyayangi motor:
1. PANASKAN mesin sebelum motor diajak jalan-jalan ga perlu lama, 1
menit sangatlah cukup. Tapi ada beberapa point penting yang orang sering salah
kaprah. Yaitu:
- Ga perlu lama, yang penting cara memanaskannya.
- TARIK CHOKE biar mesin mudah menyala dan supaya piston mendapat suplai
BBM yang cukup. Jika pada mesin yang sudah menganut sistem injeksi, biasanya
choke diaktifkan secara otomatis (terasa dengan langsamnya mesin). tutup choke
jika sudah tidak brebet atau dirasa cukup. Pada choke otomatis, ia akan mati
sendiri (kelangsaman kembali normal).
- Jangan geber-geber motor saat
memanaskan (merusak piston), ini tidak perlu, cukup dichoke dan biarkan
1 menit.
- Hidupkan mesin pertama kali dengan engkol, bukan electric starter.
2. Lakukan akselerasi dan deakselerasi
(buka dan tutup gas serta pengereman) secara lembut dan bertahap. Selain
akan membuat BBM irit juga motor awet.
3. Pakai BBM yang sesuai dengan nilai kompresi mesin. Makin tinggi oktan belum
tentu baik untuk mesin motor Anda.
Ganti sparepart yang rusak pake yang asli.